-->

Amalan Doa Hikmah Bersedekah

Amalan Doa Hikmah Bersedekah

Sedekah mengundang rahmat Allah serta jadi karena Allah buka pintu rezeki. Nabi s. a. w. bersabda kepada Zubair bin al- Awwam:“ Hai Zubair, ketahuilah kalau kunci rezeki hamba itu terdapat di Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada tiap hamba semata- mata nafkahnya. Hingga siapa yang membanyakkan pemberian kepada orang lain, tentu Allah membanyakkan menurutnya. Serta siapa yang menyedikitkan, tentu Allah menyedikitkan menurutnya.” H. R. ad- Daruquthni dari Anas r. a.

 Amalan Doa Hikmah Bersedekah

Sedekah digandakan 700 kali ganda. Fadhilah untuk orang yang bersedekah amat besar bagaikan mana ada penjelasan di dalam al- Quran serta hadits. Bila kita lihat ayat al- Quran berikut, kita hendak bisa mengira bahawa sekurang- kurangnya tiap harta yang dikeluarkan ke jalur Allah hendak dibalas dengan ditaksir melebihi 700 kalinya. Tidak hanya itu, mereka dijanjikan dengan kehidupan yang gampang:

Allah Ta’ ala berfirman:“ Perumpamaan( nafkah yang dikeluarkan oleh) orang- orang yang menafkahkan hartanya di jalur Allah merupakan seragam dengan sebutir benih yang meningkatkan 7 butir, pada masing- masing butir seratus biji. Allah melipatgandakan( ganjaran) untuk siapa yang Ia kehendaki. Serta Allah maha luas( kurnia- Nya) lagi maha mengenali”.( AL Baqarah( 2): 261)

Allah Lipat- gandakan Ganjaran orang yang Bersedekah.

“ Sebetulnya orang- orang yang bersedekah baik pria mahupun wanita serta meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, tentu hendak dilipat- gandakan( ganjarannya) kepada mereka; serta untuk mereka pahala yang banyak.”( Qs. (AL) Hadid: 18)

Rezeki dimurahkan Allah s. w. t.

Firman Allah s. w. t.:“ Serta barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, tentu hendak ditunjuki kepada mereka jalur keluar. Serta diberi rezeki kepada mereka daripada jalur yang tidak disangka- sangka. Serta barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, hingga Allah hendak memadai menurutnya”.( At- Talaq: 2- 3)

Di dunia, mereka yang bersedekah hendak dimurahkan rezeki oleh Allah dalam kehidupannya. Faedah ini dipaparkan oleh Jabir Abdullah katanya:“ Rasulullah berucap kepada kami, sabdanya: Wahai umat manusia, bertaubatlah kepada Allah saat sebelum kalian mati serta segeralah mengerjakan amal salih saat sebelum kalian padat jadwal( dengan yang lain), serta jalinkanlah ikatan di antara kalian dengan Tuhan kalian dengan sentiasa mengingatinya( berzikir) serta banyakkan bersedekah secara bersembunyi ataupun terang- terangan, tentu kalian diberi rezeki yang banyak, diberi kemenangan( terhadap musuh) serta digantikan dengan apa yang kalian dermakan itu dengan balasan yang berganda- ganda.”( Hadis riwayat Ibnu Majah)

Keberkahan Dalam Rezeki.

Kekayaan tidak bawa makna tanpa terdapat keberkahan. Dengan terdapatnya keberkahan, harta/ rezeki yang sedikit hendak dialami seolah- olah banyak serta memadai. Kebalikannya tanpa keberkahan hendak dialami kecil serta sulit walaupun banyak harta.

Kaya Jiwa

Kekayaan tidaklah suatu yang wajib diidam- idamkan oleh seorang Islam sebab kekayaan dapat bawa kehancuran kepada seorang sekiranya tidak bagi jalur yang benar. Islam lebih memandang kekayaan dari segi kekayaan jiwa. Hadis riwayat Abu Hurairah r. a.: Saya mendengar Rasulullah s. a. w. bersabda: Kekayaan itu tidaklah sebab memiliki banyak harta namun kekayaan yang sesungguhnya merupakan kekayaan jiwa.( Sahih Muslim.)

Dari aspek harta- benda, kekayaan bila disalurkan ke jalur yang benar hendak berikan seseoang pahala yang banyak, terutamanya bila digunakan buat bersedekah.

Berzikir serta Banyak Bersedekah dalam Sembunyi serta Cerah Hadis berikut ini pula menyeru kita supaya giat bersedekah sebab Allah hendak berikan kita rezeki serta kesenangan lewat bersedekah.“ Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah, saat sebelum kalian mati. Bersegeralah melaksanakan amalan amalan salih saat sebelum kalian banyak aktivitas serta hubungilah antara kalian dengan Tuhan kalian dengan membanyakkan zikir kalian kepadaNya serta banyaklah bersedekah dengan bersembunyi serta terang- terangan, nanti kalian hendak diberi rezeki, ditolong serta diberi kesenangan.” H. R Ibnu Majah.

Hakikatnya amalan berikan tidak hendak membuatkan kita jatuh miskin. Kita sangat banyak disogokkan dengan ekonomi barat yang berkata lebih banyak permintaan hingga sumber hendak menurun. Sebaliknya dalam ekonomi Islam, lebih banyak kita bersyukur hingga lebih banyak rezeki hebat yang hendak tiba untuk mengambil alih rezeki yang dibelanjakan pada jalur yang baik.

Memanglah benar, sedekah bukan cuma pada harta, tetapi amalan yang sangat berat buat kita banyak jalani yakni sedekah dari sudut harta kekayaan.

Sedekah meningkatkan harta serta kesejahteraan Tidak hendak sempat menurun harta yang disedekahkan kecuali dia bertambah… bertambah… meningkat( HR. At- tirmidzi)

Siapa yang berikan pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik, hingga Allah hendak melipatgandakan balasannya serta menurutnya pahala yg mulia( QS. Al- hadiid 57: 58)

Janganlah kalian khawatir kepada kemiskinan sebab membelanjakan harta di jalur Allah( QS. Al- Baqarah 2: 245)

Kalian tidak hendak mendapatkan kebajikan( yang sempurna) sehingga kalian menafkahkan( hartamu) pada jalur Allah. Hingga di antara kalian terdapat yang kikir serta siapa yang kikir sebetulnya ia cumalah kikir terhadap diri sendiri. Serta Allah lah yang Maha Kaya sebaliknya kalian orang- orang yang membutuhkan- Nya( QS. Muhammad: 38)

Serta Allah tetap berikan pertolongan kepada hambanya sepanjang dia membantu saudaranya( HR. Muslim)

Kita dianjurkan buat memperbanyakkan amalan SEDEKAH, sebab di dalamnya ada banyak rahasia serta antara lain merupakan:

Mengobati bermacam penyakit.
Menjauhkan dari seluruh berbagai kesusahan& permasalahan.
Diselamatkan dari seluruh keburukan.
Menenangkan hati serta jiwa.
Melapangkan rezeki.

Manfaat Bersedekah, khasiat sedekah, keutamaan sedekah, hikmah sedekah, Dahsyat nya Bersedekahbagi mereka yang yakin kepada ilmu sedekah, tidak butuh diragukan lagi kalau dengan kekuatan sedekah dapat menembus langit. Sedekah hendak mengarahkan kita kebersyukuran, menghancurkan tembok- tembok kesombongan, merobohkan tiang- tiang keserakahan.

Sedekah hendak bawa hati serta harta, sehingga gampang dibawa mendekat kepada Si Khaliq. Bersedekahlah, hingga kesusahan apapun hendak lekas Allah bagikan solusinya.

“ Serta barangsiapa yang lagi disempitkan rezekinya, sebaiknya dia menafkahkan sebagian rezeki yang Allah bagikan kepadanya…”( QS. Ath- Talaq: 7)

Mengundang datangnya rezeki, mengobati penyakit, melepas penderitaan serta kesusahan, memanjangkan usia, merupakan 4 perihal keutamaan sedekah. Mudah- mudahan Allah tetap membagikan kemudahan- Nya buat kita seluruh. Aamiin 

0 Response to "Amalan Doa Hikmah Bersedekah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Sholawat Alfa shollâAllâhu

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel